Journal

  • Home
  • Journal
  • Mempertahankan Ambient Pada Event Pinncale Award 2016 : DOW
DOW_Blog_6.jpg

Mempertahankan Ambient Pada Event Pinncale Award 2016 : DOW

Kali ini saya mendapatkan kesempatan untuk meliput event Pinnacle Award 2016 yang di selenggarakan oleh Dow Company pada tanggal 19 July 2017. Dow Company merupakan perusahaan kimia kedua terbesar dalam pendapatannya yang berkantor pusat di Michigan, Amerika Serikat. Acara ini diadakan untuk memberikan penghargaan kepada para pegawai Dow Company yang berada di kawasan Asia Pasifik dimana bagi siapa yang memiliki performa kerja terbaik akan mendapatkan sebuah trophy penghargaan dalam beberapa kategori pencapaian.

 DOW Blog 4

Sebenarnya saya sedang males menulis mengenai event yang saya potret, namun demi menambah iklan dan menampilkan portfolio di website ya saya paksakan sajalah. Memang Tidak sedetail seperti https://akmalluthfiblog.wordpress.com/2017/07/21/memahami-sebuah-event/, namun semoga dapat membantu Anda untuk menimbang-nimbang lagi untuk menggunakan jasa kami untuk mengemas foto maupun video event Anda #Eh #Iklan #PesanTersembunyi semua foto saya menggunakan kamera nikon dan rata-rata lensa yang saya gunakan pada lebar 14-24mm, 58mm, 85mm, dan 70-200mm dengan size foto 16 : 9.

DOW Blog 24

 Saya rela di hitam putihkan agar tidak mencuri perhatian pemirsa semua. (fakhrianindita.com)

 Tertulis pada rundown acara bahwa acara cocktails di mulai pada pukul 17:15 hingga 18:35. Saya berangkat dari rumah sekitar pukul 14.00, memang jarak rumah saya dari Four Season tidak jauh. Namun kondisi lalu lintas dari pasar minggu raya menuju depan pancoran itu betul-betul menyiksaku, Jalan sangat padat hingga tidak bergerak yang disebabkan oleh proyek pembangunan fly over di Pancoran - Gatot Subroto. Takut terlambat, akhirnya Saya memutuskan untuk melalui jalan H.Samali agar bisa menembus kemacetan.

DOW Blog 21

Para tamu undangan mulai berdatangan sambil menikmati cocktail

Benar saja jalan Buncit - Mampang ternyata relatif lebih kosong. Sampai lah di Four Season pada pukul 15.00. Saya memarkirkan kendaraan saya di B2 bagian Hotel tepat berhadapan dengan musholla, daripada naik turun mending saya menunggu waktu ashar terlebih dahulu baru setelah itu naik ke ballroom lantai 5. 

DOW Blog 8

Tamu yang baru datang mengambil badge id card di meja registrasi

Untuk pemotretan kali ini saya lebih banyak memanfaatkan ambient light dan menggunakan artificial light hanya di beberapa saja guna mempertahankan suasana di venue saat itu. Namanya juga seni melukis dengan cahaya, jadi setidaknya kita  harus memahami teknik pencahayaan. Karena itu akan sangat membantu untuk menghasilkan sebuah foto seperti apa jadinya. Terdapat dua jenis cahaya dalam pemotretan, yaitu ambient light (cahaya lingkungan) dan artificial light (cahaya tambahan) dimana seorang fotografer menggunakan flash untuk menerangi suatu objek.

DOW Blog 18

 Berbincang bersama sambil menikmati wine dan beer (menggunakan flash)

ada beberapa hal yang perlu di ketahui seputar ambient light dan flash light : 

 1. Segitiga eksposur berperan penting untuk mennagkap terang atau gelapnya cahaya masuk kedalam sensor kamera

DOW Blog 25

2. Untuk Flash light biasanya terang gelapnya dipengaruhi oleh aperture dan ISO. Shutter speed tidak berpengaruh terhadap terang gelap cahaya yang dihasilkan lampu flash, selama shutter speed yang kita gunakan masih dalam rentang flash sync kamera (umumnya 1/200-1/250sec). Maksudnya adalah ketika kita menggunakan lampu flash di shutter speed 1/50s, ataupun di 1/200s, tidak akan ada perbedaan dalam hal cahaya flash yang ditangkap sensor, perbedaannya hanya terletak di cahaya lingkungan yang ada (ambient light), lihat kembali 

meja

3.Memadukan serta menyeimbangkan antara cahaya flash eksternal dan ambient light, sangat penting saat kita akan memotret foto model atau satu objek foto. Kita bisa memilih untuk menonjolkan ambient light dan hanya menjadikan flash sebagai fill in, ataupun sebaliknya. Bahkan jika terasa kondisi lingkungan pemotretan kurang bagus, kita bisa memilih untuk mematikan cahaya lingkungan yang ada.

DOW Blog 22

Gak takut gagal? Ada sih sedikit rasa takut gagal, karena kalau gagal pasti client murka kan? tapi karena saya di bantu oleh tim foto Pak Akmal dan Pak Cendy yang sudah stand by di lokasi dari siang jadi ada sedikit rasa aman. 

DOW Blog 7

Tepat pukul 18.35 para peserta mulai dipanggil untuk memasuki ruangan karena acara akan segera dimulai. Para peserta pun mulai berjalan menuju pintu belakang dan mencari tempat duduk yang sudah di sesuaikan dengan identitasnya. Pintu di buka, terlihat kerlap-kerlip lampu berwarna menghiasi round table. 

DOW Blog 11

Tamu mulai memasuki ruangan (menggunakan flash)

DOW Blog 13

Senyum sebelum memasuki ruang acara

Ruangan cukup sedikit cahaya, baiknya menggunakan flash untuk di dalam ruangan. Tetapi pihak EO tidak mengizinkan kami untuk menggunakan flash karena khawatir akan menggangu. Ya sudah jalan satu-satunya menggeber ISO tinggi agar mendapatkan seluruh kegiatan di ruangan tanpa shake. Flash hanya dapat digunakan ketika pada saat penting saja, foto bersama dan penyerahan trophy kepada peserta yang berprestasi. 

DOW Blog 1

Wine Toast sebagai pembukaan

Sambutan Mc mendapatkan tepuk tangan yang cukup meriah, humor ala "bule" meretakkan kebekuan para peserta, taw-tawa kecil terdengar dari beberapa tamu. Dilanjutkan sambutan oleh key person pada acara tersebut dan acara dibuka dengan wine toast..."Cring" 

DOW Blog 15

One, Two, Three Cheese...MC pun boleh selfie

Pentingnya sosial media untuk membuat laporan ke-exists-an ternyata bukan hanya terjadi di Indonesia, ternyata orang bule pun melakukan hal yang sama berselfie-ria di acara dengan background di layar LED bertuliskan Pinncale Award 2016. Setelah kata sambutan, dilanjutkan dengan Gala Dinner. Lampu di ruangan berubah menjadi berwarna biru. Semakin sulit rasanya mengambil gambar tanpa flash dengan suasana lampu berwarna biru. Karena Flash dapat membantu menetralkan warna objek. 

DOW Blog 3

Apa ini? Udangkah? 

DOW Blog 2

Menikmati hidangan sambil berbincang-bincang

DOW Blog 12

Beberapa tamu mulai memfoto makanannya, Kali ini soto korbannya

Hidangan soto yang beraroma sedap membuat perut saya ikut menikmati irama musik keroncong(an). Tak lupa juga para tamu memfoto makanan yang dihidangkan dengan tampilan yang unik. Proses penyajian makan malam dilakukan dua waktu. Yang pertama pukul 19:20 - 20:00 dengan 2 hidangan makan malam dan yang kedua pukul 20:35 - 21:05 dengan 2 hidangan juga.

DOW Blog 16

Memanggil peserta yang menerima trophy Pinnacle Award 2016 dengan applause meriah

DOW Blog 14

Ms. Hannah Liu mendapatkan salah satu peserta yang mendapatkan trophy 

Selesai pembagian trophy kepada seluruh peserta peraih pengharagaan, Jim McIlvenny selaku Group Senior Vice President of Dow, memberikan closing speech dan wejangan semnagat agar para pegawai lebih bekerja keras untuk meraih kesuksesan bersama Dow. 

DOW Blog 17

Bukan hanya sekedar award dan gala dinner, acara yang diadakan oleh Dow ini memang sangat kekeluargaan, ada acara hiburan seperti parodi bahkan sampai acara ulang tahun 6 orang pegawainnya yang di rayakan di dalam venue acara dengan memotong kue bersama. 

DOW Blog 5

 Belah kue bersama

Closing acara diakhiri dengan foto bersama seluruh peserta peraih penghargaan.

DOW Blog 9

Foto bersama seluruh peserta

DOW Blog 23

  • +62-812-1822-516
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Follow Me!