Journal

• Home
  • Journal

Family Vacation : Semalam di Ancol, Asik ga sih?

Puluhan bus pariwisata ternyata sudah banyak parkir di kawasan wisata Ancol pagi itu. Tampak hiruk pikuk para pengunjung buyar di beberapa titik wisata komplek Ancol. Rata-rata pagi itu para pengunjung datang untuk berenang di Ancol Lagoon, Pasar Seni, dan Waterboom. Sekian lama saya tidak berkunjung ke Ancol, ternyata sudah banyak perubahan. Dan ini merupakan kali pertama nya saya bermalam di Ancol bersama keluarga.

Kamera Perjuangan

Berawal dari rencana yang hanya sekedar rencana, akhirnya dengan dipaksa sedikit ya terwujud juga lah mengajak anak-anak untuk bermain di Ancol. Walau hanya perjalanan sederhana tapi sangat berbekas buat mereka (anak-anak).

ayza ayra 9

Perahu Sewa Keliling Pantai (AF-S 85mm f/1.4)

Walaupun ini perjalanan liburan bersama keluarga, tak lupa saya siapkan kamera yang selalu menemani saya sepanjang tahun. Kamera jadi andalan kali ini adalah D800 dengan lensa AF-S 35mm, 85mm, dan 14-24mm. Kamera ini menjadi kamera perjuangan yang telah memenangkan lebih dari 15 lomba foto setelah kakaknya D700 dan D90 yang telah terjual. Promosi diri boleh kan ya, siapa tau saja pemirsa sekalian mau memakai jasa saya #Eh #NumpangPromosi. Maka dari itu header foto saya pasang foto kamera Nikon D800 yang semoga bisa terganti dengan D850 ya.. tolong di bantu doa ya. Aamiin..

SEAWORLD

Ikan

Ikan Apa ini? (AF-S 35mm f/1.4)

Lanjut cerita, sesampainya di gerbang Ancol, Anda harus membayar Rp 25.000 untuk 1 kendaraan mobil dan setiap orang di atas 2 tahun dikenakan biaya sebesar Rp 25.000.  Hiu menjadi ikan favorit yang menakutkan bagi mereka hingga Sea World menjadi tujuan utama kami berkunjung ke Ancol. Bukan karena happening Baby Shark Doo Doo Doo ya, tapi memang mereka dari dulu sangat menyukai ikan hiu, dan mengenal lagu baby shark itu sejak 2016 silam yang nge-hits baru-baru ini.

Ikan 3

Hiu Kepala Martil (AF-S 35mm f/1.4)

Tiket masuk sea world pada saat weekend sebesar Rp 100.000/orang, bila ingin mengambil paket bundling untuk menyaksikan atraksi lumba-lumba dikenakan biaya sebesar Rp 200.000. Kali ini kami hanya berkunjung ke Seaworld saja. Pagi itu tidak terlalu ramai, kami bisa menikmati aquarium dengan nyaman. Mau foto-foto pun masih bisalah, tapi selalu di gangguin dengan cerewetnya anak-anak jadi ya ga bisa banyak juga foto-foto di dalam ruangan.

Ikan 2

Ikan Kuning (AF-S 35mm f/1.4)

Ikan 4

Belut Listrik Salome (AF-S 35mm f/1.4)

Karena tidak boleh menggunakan blitz/flash, ya terpaksa kami berfoto keluarga mencari tempat yang agak terang, salah satu nya di lorong-lorong aquarium yang panjang itu. Pukul 11.30 kami menyaksikan atraksi pemberian makan ikan oleh para kakak-kakak penyelam di aquarium terbesar di Indonesia.

keluarga 1

Foto Keluarga di Lorong-lorong Aquarium (AF-S 35mm f/1.4)

Pantai Karnaval

Selesai dari Seaworld, yang menjadi tujuan berikutnya adalah Pantai Karnaval, seumur-umur baru kali ini Saya melihat pasir putih di Ancol. Pantai tidak terlalu panjang dan ombak pun tidak ada. Cukup aman untuk bermain anak-anak. Pukul 13.00 saya sampai di Pantai Karnaval. Tidak terlalu ramai juga disana, mungkin karena kami datang saat siang bolong.

ayza ayra 1

Lagi Nyanyi Moana (AF-S 85mm f/1.4)

ayza ayra 2

Bikin Ayam Kremes (AF-S 85mm f/1.4)

Kami menyewa tikar untuk duduk Rp 50.000 hingga jam 5 sore kata abangnya, siapa juga mau lama-lama di pantai itu. Cuaca sangat panas disertai angin. Saya sibuk foto anak-anak bermain pasir sampai masuk angin. Mereka terlihat senang bermain disana karena ia membayangkan seolah menjadi Moana.

ayza ayra 3

Bermain Pasir (AF-S 85mm f/1.4)

ayza ayra 4

Susah dipanggil Untuk Lihat Kamera (AF-S 85mm f1.4)

Tak lama si Adek tanpa perintah malah justru nyebur. Melihat adeknya nyebur dan basah, kini kakanya pun minta izin ke ibunya untuk nyebur juga. Pokoknya hal diluar rencana terjadi lah disana.. Padahal saya ga bawa baju banyak buat hari berikutnya.  Karena memang ke pantai karnaval ini kunjungan yang tak terencana. Tapi ya apa boleh buat saya menikmati saja lah sambil melatih fokusing kamera AF-C yang akhir-akhir ini sudah agak bloon.

ayza ayra 5

Lari-Lari Pake f/2 ( AF-S 85mm f/1.4)

ayza ayra 6

Lari jadi Moana dengan f/2 (AF-S 85mm f/1.4)

Saya menggunakan lensa 85mm disini, rata-rata aperture yang digunakan adalah f/2 dengan AF-C. Hebatnya walau di f/2 ternyata kamera ini masih tepat sasaran.

ayza ayra 11

ayza ayra 10

ayza ayra 8

Hari sudah semakin siang, perut juga sudah terasa lapar. Bandar Jakarta menjadi tempat mengisi kekosongan kami. Tempatnya cukup luas, Kami menghabiskan Rp 330.000 untuk 4 porsi makanan, antara lain yang kami beli adalah Ikan Baronang Bakar (Enak), Cumi bakar cabe (lupa saya namanya apa, Suka bangat ama ini, rasanya empuk, ga amis, dan pedesnya pas), Kerang dara, Tahu Ondel, Nasi, Kelapa muda, dan Jus Tom Jerry ( Tomat, Jeruk dan Strawberry). Untuk harga saya rasa worth it lah dengan apa yang saya dapatkan.

HP 1

Makan di Bandar Jakarta (Sony Xperia ZX)

BERMALAM di Hotel

Hotel

Tampilan Bangunan Depan (AF-S 14-24mm f/2.8)

Puas makan di Bandar Jakarta, Kami langsung menuju hotel untuk mendinginkan badan yang sudah lengket-lengket. Saya booking kamar di Hotel Mercure melalui Agoda untuk tipe kamar deluxe twin bed, Wah ternyata kamarnya cukup luas. mendapatkan 2 kasur yang agak besar juga berukuran 140cm dan juga sofa bed yang besar juga. Furniture memang sudah terlihat model lama, kamar mandi yang disertai bath tube yang sudah jarang ditemui di hotel-hotel baru (kelas tertentu) menjadi nilai tambah bagi kami walau juga sedikit terlihat usang. Saya rasa hotel mercure ini masih layak lah untuk rekreasi bersama keluarga.

Hotel 7

Kamar Yang Sudah Terlanjur Berantakan (AF-S 14-24mm f/2.8)

Saya mendapatkan kamar di lantai 3 yang berhadapan langsung dengan laut. Bayangkan saja, bangun tidur dan lihat ke jendela langsung lihat indahnya laut. Wah seger rasanya otak ini, soalnya saban hari kalau bangun tidur, berhadapan langsung dengan seliweran mobil dan motor depan rumah. Namun yang menjadi kekurangan di kamar yang saya ini adalah wastafel nya ga ada air dingin. jadi anak saya kepanasan ketika mau cuci tangan atau ambil air wudhu.

HP 2

Menggunakan HP Sony ZX

HP 3

Kolam Renang di Mercure (Sony Xperia ZX)

Fasilitas kolam renang juga sangat baik, ada perosotannya yang tinggi, airnya juga bersih terlihat terawat dengan baik. Kolam renang di bagi tiga kolam, Ada kolam bayi-toddler, kolam kids, dan kolam dewasa yang dimulai sedalam 1.2m kalau tidak salah sih. Handuk juga tersedia bagi setiap tamu yang menginap yang dibatasi setiap kamar hanya 2 handuk.

HP 4

Tempat Bermain anak, Foto ini di sambungin sama Google, bukan saya yang bikin Panorama (Sony Xperia ZX)

Selain itu ada playground mini buat anak-anak juga. Mandi bola, ayunan, kuda-kudaan, rumah-rumahan, main Ps, mewarnai dan lain-lain. Wah pokoknya anak saya senang berada di Mercure ini. Kalau untuk dewasa juga disediakan meja Billiard, sayang saya ga mencoba nya.

Hotel 3

Suasana Sunset  (AF-S 85mm f/1.4)

Di belakang Hotel langsung berhadapan dengan pantai, Di bibir pantai banyak kapal yang menunggu penumpang bila ingin di ajak berkeliling pantai Ancol yang dikenakan biaya. Selain itu bila Anda suka yang lebih menantang, boleh juga mencoba untuk menyewa papan layar ya namanya, saya juga lupa, yang berada tepat belakang hotel juga.

Hotel 1

Hotel Mercure Tampak Belakang (AF-S 85mm f/1.4)

Untuk breakfast ga usah khawatir, untuk anak-anak dapat gratis, jadi Anda ga perlu mencari makanan di luar lai atau membayar buffet lagi. Asyik kan? Bila ingin makas siang dan malam, di samping hotel tersedia restoran Simpang Raya, Rumah Makan Madonna, A&W juga tersedia Indomaret bagi yang ingin membeli makanan ringan atau minuman.

Hotel 5

Aktivitas belakang Hotel (AF-S 85mm f/1.4)

Sore hari saya berangkat ke Le Bridge, Wah macetnya kacau banget. Batalin saja sunsetan disana. Saya ga menyangka kalau Ancol bisa macet sampai berhenti seperti itu, sampai di lingkaran, saya langsung balik arah saja kembali ke hotel. Saya memutuskan mencari sunset dengan berjalan ke pintu belakang mercure yang hanya dibuka sampai pukul 18.00.

gantung 2

Siluet Kereta Gantung (AF-S 85mm f/1.4)

Wah ternyata di belakang rame juga yang berenang, ada juga ya foto prewedding. Ya akhirnya saya hanya celingak celinguk saja di  jembatan dan foto-foto orang main papan layar dan kereta gantung di belakang hotel.

gantung 3

Ramainya Pengunjung (AF-S 85mm f/1.4)

BALAS DENDAM SUNRISE

Ancol Small

Karena kala sunset saya tidak mendapatkan foto yang saya inginkan, jadinya  balas dendam pada saat sunrise, saya bangun pukul 04:30. Shalat subuh dan berangkat sekitar pukul 05:00 pagi. Menggunakan mobil keluar dari hotel menuju Le Bridge. Suasana masih sangat sepi namun banyak mobil yang sudah parkir di Le Bridge. Langit sudah memerah, saya tampaknya memang terlambat berangkat. Saya mulai memasang tripod dan kamera dan memulai untuk mengambil gambar yang banyak gagl karena banyak orang yang jogging. Ya jadi hasil foto ya seadanya saja. berikut penampakan foto yang agak berhasil.

Le Bridge Small

Semoga tulisan ini bisa membantu Anda yang bingung mau liburan yang kumplit dan juga bisa foto sambil bawa prajurit. Sekian dan terima kasih

family

• +62-812-1822-516
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.