Journal

  • Home
  • Journal
  • Solusi Kala Musim Hujan : Berkunjung ke Bengkel Diorama di Bogor
venom_2.jpg

Solusi Kala Musim Hujan : Berkunjung ke Bengkel Diorama di Bogor

Terkadang di musim penghujan membatasi Saya untuk berkegiatan foto outdoor, tetapi bukan hanya musim hujan saja. Rasa malas dan bingung karena tidak ada obyek yang ingin di foto membuat Saya hanya berdiam diri di rumah. Jangan sampai cuaca dan rasa malas membatasi otak kreatif Anda untuk memproduksi dan experimen terhadap hal yang belum pernah Anda coba. Terlintas di pikiran Saya untuk memotret mainan dengan menggunan creative lighting. Saya memutuskan untuk pergi ke bengkel diorama di Kota Hujan, Bogor. Perabotan dimulai dari flash, kamera, lensa, light stand, honeycomb sudah saya packing semalam sebelum keberangkatan Saya. Kini Saya siap berangkat ke Bogor. Ngeeeeeeng...

What is in My Bag

for Blog Aing

Saya membawa 3 (tiga) unit flash, 1 body Kamera Nikon, 2 buah lensa Nikkor (yang terpilih adalah AF-S 58mm f/1.4 dan AF-S 105mm f/2.8), 1 buah lightstand, 1 buah phottix varos agar mudah mengarahkan flash, Phottix honeycomb agar cahaya terfokus pada suatu bidang dan beberapa color gel, Phottix Odin ii TTL Flash Trigger Transmitter beserta 2 (dua) buah Phottix Odin ii TTL Flash Receiver.

susun mainan 2

Mr. Tupai sebutan pemilik bengkel diorama ini. Mungkin masih di bilang pemain baru, namun bengkel diorama ini sudah banyak permintaan pembuatan dari customer-customernya. Tidak mudah memang proses pembuatan diorama, membutuhkan ketelitan dan kesabaran lebih untuk menyelesaikan satu buah diorama yang rata-rata menghabiskan waktu seminggu atau lebih. 

susun mainan

Mr.Tupai sudah mempersiapkan diorama beserta action figures yang akan di foto.  Action figures yang pertama di set up adalah Bane dan Batman. Nah disini Saya bukan sebagai ahli foto action figures, namun dari pengalaman ini saya dapat membagikan beberapa tips untuk menciptakan foto yang action figures dengan diorama agar terlihat menarik.

1. Kenali Karakter Mainan

Harley quinn

Harley Quinn & Joker Sedang Menatap Masa Depan (FL : 105mm, ISO 64, f/13, S 1/250 w/ 3 Flashes)

Sebenarnya ini penting ga penting juga sih, namun pada dasarnya kita memiliki/membeli mainan karena alasan kita suka pada tokoh tersebut. Dengan mengenali karakter mainan, kemampuan berimajinasi kita akan lebih "liar" pastinya, otak akan lebih kreatif di bandingkan kita memotret mainan yang kita tidak kenali. Anda bisa mengetahui serta membayangkan apa kemampuan yang dimiliki pada mainan tersebut sehingga Anda bisa menciptakan foto yang luar biasa menarik. 

Scare crow

Portrait Scarecrow  (FL : 105mm, ISO 64, f/11, S 1/250 w/ 3 Flashes)

2. Tell a Story

venom 3

Spidey Sandwich (FL : 58mm, ISO 64, f/16, S 1/250 w/ 3 Flashes)

Foto yang baik adalah foto yang dapat bercerita hanya dengan melihatnya saja. Maka itu buatlah foto mainan yang akan Anda foto memiliki cerita. Setiap tokoh mainan memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Anda boleh menggunakan elemen-elemen apa saja yang bisa menjadi property untuk melengkapi foto Anda. Diorama hanya alat bantu saja agar foto dapat memiliki cerita yang lebih dalam. Bila anda bener-bener niat. silakan buatlah sketsa story board agar foto yang anda ciptakan adegan lebih terkonsep, sehingga waktu Anda tak habis hanya untuk mencari ide.

Bane 2

Batman & Bane  (FL : 108mm, ISO 64, f/16, S 1/250 w/ 3 Flashes)

3. Make Them More Human

venom 4

Spidey Sandwich (FL : 58mm, ISO 64, f/16, S 1/250 w/ 2 Flashes)

Patung hanyalah patung, buatlah ia seolah-olah hidup, di mulai dari ekspresi wajahnya, tangannya, posisi tidur, duduk dan lainnya. Explorasi dari segala angle, karena dengan mengambil banyak angle memiliki impact yang berbeda dan cerita yang berbeda pula. Intinya jangan cepat puas. Detail juga sangat penting agar foto lebih menarik dan bercerita. Oya, jangan kira mem-pose kan mainan mudah ya... Sesek napas Gan!, jadi harus sabar, jangan cepat depresi.

4. Sunlight or Artificial Light

Joker 2

Test Shot w/ 2 Flashes, Batman masih kegelapan mukanya.

Cahaya matahari adalah biaya yang paling murah untuk didapatkan. Cahaya yang datar dan lembut yang dihasilkan ketika langit mendung dan berawan memang mengecewakan bila melakukan pemotretan outdoor. Tetapi sangat baik bila di gunakan pada saat memotret di dalam rumah. Trik untuk menggunakan cahaya yang masuk dari jendela adalah kendalikan dimana jatuhnya cahaya dan perhatikan area yang tidak terkena cahaya. Jadi bila Anda menggunakan available light untuk pemotretan diorama, jangan pindahkan jendela Anda dengan memanggil tukang bangunan, namun posisi objek yang ingin anda fotolah yang dipindahkan sesuai keinginan. Alat bantu seperti reflektor atau diffuser dapat menyempurnakan foto agar terlihat lebih baik. 

Joks

 Close Up Harley Quinn & Joker

Lantas apa yang saya gunakan? Yang saya gunakan adalah cahaya buatan dari 3 buah speedlight dari beberapa titik. Dari posisi depan over head  daya menggunakan honeycomb tanpa gel. dan sisi kanan kiri di beberapa foto menggunakan gel berwarana orange,merah, biru dan hijau. Hal terpenting adalah tidak perlu takut untuk bereksperimen, karena tidak ada aturan foto ini salah atau benar. Anda punya selera untuk apa yang Anda ciptakan, karena disinilah Anda sutradara sekaligus director of photographynya. 

harley quinn 2

Angle lain Harley Quinn & Joker

Menggunakan LED continues light dan lampu belajar  menjadi pilihan Mr.Tupai untuk menciptkan hasil karya fotonya. Continues light membuat foto terlihat lebih soft dan cahaya yang merata. Anda akan lebih mudah mengatur cahaya seperti apa yang diinginkan di bandingkan menggunakan speedlight. Sekarang semua pilihan Anda?

Venom Spidey

Santapan Venom masih belum tertangkap (Spidey Sandwich (FL : 105mm, ISO 64, f/16, S 1/250 w/ 3 Flashes))

5. Miliki Diorama dengan detail yang menarik

esst

The Artist : Mr Tupai as Bengkel Diorama Owner (FL : 105mm, ISO 64, f/13, S 1/250 w/ 3 Flashes)

Dan yang tak kalah penting, diorama yang bagus juga menunjang foto Anda menjadi lebih bagus. Mungkin bagi yang masih bingung dimana untuk mendapatkan diorama. Anda boleh langsung pesan ke Mr.Tupai di Tokopedia atau PM di akun Instagramnya https://www.instagram.com/figures.photography/?hl=id #iklan. Silakan berimajinasi dan buatlah konsep seperti apa yang kamu inginkan.

Venom 5

Spidey Sandwich (FL : 58mm, ISO 64, f/16, S 1/250 w/ 3 Flashes : Blue Gel Jam 7, Orange Gel Jam 1, Honeycomb  Overhead  jam 6)

Mungkin itu saja yang bisa saya bagikan, saya bukan lah seorang pro dalam memotret mainan, namun semoga hal-hal di atas dapat membantu Anda yang sedang bingung mau foto apa di rumah. Tulisan ini di buat semata-mata hanya kesimpulan pribadi dari penulis saja. Bisa saja salah bisa juga benar. Oke..? Selamat memesan dioramanya ya #PesanSponsor

  • +62-812-1822-516
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Follow Me!