Journal

  • Home
  • Journal
  • Wisata Pasar di Pasar Bolu - Toraja Utara

Wisata Pasar di Pasar Bolu - Toraja Utara

Pukul 09 : 00 pagi hari cukup panas di Tana Toraja. Salah satu orang receptionist di hotel saya menginap mengatakan bahwa hari ini ada Pasar Kerbau. Saya bingung, dan hati yang gundah ini bertanya "trus kenapa dengan adanya pasar kerbau?", lantas receptionist tersebut meneruskan bahwa "Pasar ini hanya ada sekali dalam seminggu (jadwal tahun 2013), kebetulan bapak di pagi ini bisa melihat kerbau yang unik dengan harga sampai ratusan juta pak" Ujarnya. Tanpa pikir panjang, saya berangkat menuju pasar bolu sejauh 2 km dari Rantepao. 

Bloh toraja 4

Awalnya Pasar Bolu bukanlah destinasi untuk saya kunjungi, karena memang belum pernah mendengarnya. Sesampainya di lokasi, sudah banyak mobil dan truk yang memarkirkan kendaraannya, beruntungnya saya masih bisa dapat parkiran di sekitar pasar tersebut. Tak jauh dari lokasi parkir sudah dapat saya lihat jejeran kerbau yang sangat banyak dan juga ada beberapa babi yang ikut serta di perjual belikan.  Tedong begitulah masyarakat Toraja menyebut hewan kerbau, Mungkin yang menjadi pertanyaan adalah, "Kenapa di Toraja ada pasar yang khusus jual kerbau?". 

Toraja 1

Tedong menjadi hewan yang di istimewakan oleh masyarakat Tana Toraja, Hewan ini bisa menunjukkan strata sosial dan prestis di kehidupan masyarakatnya.Selain itu tedong menjadi hewan yang di wajibkan untuk mengadakan upacara kematian atau biasa disebut Rambu Solo'. Kebangsawan dan kekayaan seseorang dapat di ukur dari kerbau yang ia miliki. Mengapa demikian? Ketika saya tanya beberapa jenis kerbau di pasar tersebut, ternyata harga nya memang fantastis. saat itu yang saya temui mulai dari harga 30 juta hingga 180jt. Konon kata penjual pernah ada yang jual hingga harga 800 juta hingga 2 M. 

toraja 6Yang menjadi penentu harga tedong adalah ukuran badan, ukuran dan jenis tanduk, corak dan warna kulit. Adapun jenis-jenis tedong yang di perjualbelikan di pasar bolu adalah, Tedong Saleko (kerbau dengan corak yang unik), Tedong Bonga (kerbau albino), Tedong Puju' (kerbau hitam), Tedong Bulan ( kerbau bule), dan masih ada beberapa jenis lainnya. Namun yang saya ketahui adalah Tedong Salekolah yang menjadi tedong termahal.  

Blog Toraja 2 

Tedong Puju' merupakan kerbau aduan, semakin sering memenangkan pertandingan, semakin mahal pula harga tedong tersebut. Tedong Puju' juga dijadikan pelengkap dalam upacara kematian di Toraja. Keluarga yang sedang duka biasanya akan diberikan sumbangan oleh kerabatnya berupa tedong puju' sebagai bentuk ungkapan bela sungkawa. Biasanya dalam upacara Rambu Solo', yang berduka akan mengadakan pesta kematian dengan memotong puluhan bahkan hingga ratusan kerbau + babi! yang pastinya mengelurakan nilai yang sangat besar. Sedangkan saya  seorang muslim saja baru qurban 1 ekor kambing di hari raya Ied Adha sudah merasa berat. Tandanya Saya dan anda harus bekerja lebih semangat dan belajar ikhlas. 

Toraja 3

Toraja 2

Di pasar Bolu, kerbau hanya di beri makan, ada yang di biarkan bermandikan lumpur agar mendinginkan badannya yang terkena panas matahari, ada yang dimandikan juga dan di elus-elus sayang. Kata beberapa penjual, kerbau adu ini, lehernya tidak boleh dibiasakan untuk menunduk, agar lehernya kuat, hidung kerbau yang sudah terpasang tali, di tarik ke atas sehingga kerbau selalu mendongak ke atas. Yang menarik adalah, Seorang pembeli yang ingin melakukan pembelian tedong dibawah 100 jt, ia akan melakukan pembayaran secara cash di tempat. Sedangkan Saya beli online saja terkadan-kadang pengennya pakai fasilitas cicilann 0% ( awas riba). 

toraja 7

Toraja 5

Pasar Bolu mungkin menjadi pasar terbesar di Indonesia, karena hanya disinilah yang saya temui pasar yang menjual kerbau di tanah lapang yang sangat luas dan itupun dipenuhi dengan kerbau. Ingin jugaberkunjung ke Pasar Bolu untuk membeli tedong toraja? 

 

  • +62-812-1822-516
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Follow Me!