Journal

  • Home
  • Journal
  • Pemotretan Annual Report PT Hexindo Adiperkasa Tbk

Pemotretan Annual Report PT Hexindo Adiperkasa Tbk

Sudah lama saya  tidak membuat cerita mengenai project Corporate. Projek kali ini adalah pemotretan untuk pembuatan Corporate Annual Report 2018. Projek kali ini di kerjakan setelah idul fitri, jadi suasananya masih seperti suasana liburan. Sebelum pukul 06.00 pagi kami sudah tiba di Jalan Pulo Kambing, Pulo gadung dimana head office PT Hexindo Adiperkasa Tbk berada. Belum ada tanda-tanda kehidupan disana, hanya ada security penjaga gerbang yang stand by di pos.

profile web
Bergaya sebelum pulang (hujan sudah berhenti)

Kami memutuskan untuk masuk ke dalam gerbang, agar dapat melakukan survey terlebih dahulu lokasi yang di jadikan tempat pemotretan. Peralatan yang kami gunakan adalah 2 buah kamera, backdrop putih polos berbahan muslin, backdrop stand, clamp, tripod stand, 1 buah speedlite, 2 buah Elinchrome brx500 dengan softbox nya. Karena terbatasnya ruangan pemotretan, akhirnya saya memutuskan menggunakan lensa Nikkor AF-S 24-70mm f/2.8. Pemotretan yang dilakukan adalah full dan half body setiap jajaran komisaris dan direksi. 

sample for blog
Foto Komisaris (desain hanya ilustrasi)

Lokasi pemotretan di lakukan di lobby gedung kantor yang sebelumnya digunakan acara halal bi halal, sehingga kami tidak bisa melakukan setup lebih awal agar bisa melakukan tes lighting. Saya memberikan beberapa pilihan lighting kepada client, agar dapat sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.

toto Blog
Karena saya bukan orang desain, jadi mohon maaf saja kalau culun

Pemotretan dimulai pukul 08.30 teng. Memotret 13 orang dengan tinggi badan dan warna kulit yang berbeda-beda dengan cepat memang menjadi tantangan, di tambah dengan beberapa jas yang dikenakan model ada yang kusut juga terlihat kebesaran. 

BTs
Mr.Tupai sedang beraksi (seperti lagi marahin para Big Boss)

Mungkin hal yang paling sulit buat saya saat itu adalah bagaimana model bisa "lepas", tidak kaku serta memiliki expresi yang baik juga natural. Beruntungnya pemotretan kali ini saya di bantu oleh Photographer andalan gue, Mr. Tupai, yang menjadi asisten saya untuk mengarahkan gaya juga merapikan pakaian yang terlihat kurang rapi.

sample for blog direksi
Foto group direksi PT Hexindo Adiperkasa Tbk

Yang paling asik adalah memotret orang jepang, mereka tampak rapi dan sudah siap untuk di potret, ketika berhadapan dengan lensa, mereka langsung bergaya dengan lebih luwes. Selesai memotret satu persatu jajaran komisaris dan direksi, di lanjutkan dengan foto couple komisaris dan jajaran direksi.

eiji Blog
Mr.Eiji ini sangat luwes dan cepat di foto

Berikutnya adalah memotret talent, seharusnya pemotretan di lakukan di outdoor, namun karena hujan belum berhenti juga, akhirnya kami memutuskan untuk memotret indoor dengan backdrop putih yang nantinya foto akan di gunting dan di tempel.

Talent Blog
Talent gunting tempel

Tema selanjutnya meeting, ruangan meeting berada di lantai atas, tidak terlalu besar. pemotretan di lakukan dengan group 2 -5 orang. Sangat disayangkan properti untuk branding saat itu sangat minim.

IG Post
Minim props saat di ruangan meeting

Ada beberapa hal yang ingin saya bagikan  untuk teman-teman yang baru saja memulai memotret corporate annual report atau company profile agar mempersiapkan dengan :

1. Penguasaan Kamera
Dengan berkembangnya teknologi camera smartphone, Jangan sampai photo dengan smartphone client lebih baik daripada hasil foto kita. Dengan memberikan hal yang berbeda atau hal yang tidak bisa di hasilkan oleh camera smartphone bisa menjadi nilai plus buat kita. Dengan menguasai segitiga exposure, akan dapat menciptakan hasil foto yang baik.

2. Artificial Light 
Gunakan cahaya tambahan agar foto terlihat terang ketika melakukan pemotretan indoor. Dan pada saat melakukan pemotretan outdoor perhatikan arah sinar matahari, bila memungkinkan gunakan mobile light  atau speedlight agar dapat membantu menghilangkan shadow yang keras.

3. Memperisapkan List Nama Model
Kita bukan hanya memotret 1-4 orang saja, Mempersiapkan nama-nama model sangat penting agar tidak ada yang terlewat dan terlupakan, dan kita bisa membangun hubungan baik dengan client bila kita mengetahui namanya.

4. Storyboard
Susunan tema dan gaya sangat penting untuk efektifitas dan efisiensi waktu yang singkat dalam melakukan pemotretan annual report. Ada baiknya kita membuat list pakaian, tema foto, gaya, dan lokasi foto          ketika akan dilakukan pemotretan. 

Burcuy blog

Thanks to Mr. Tupai yang telah membantu selama pemotretan.

Mungkin itu saja yang bisa saya bagikan kepada para pembaca. Semoga bisa bermanfaat, salam motret!

 

 

 

  • +62-812-1822-516
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Follow Me!