Journal

Ke Jambi? Pastikan Datang Kesini....

Gentala Arasy Blog 01

Kini tidak perlu bingung lagi hendak kemana bila ingin menikmati pesona provinsi Jambi. Secara geografis Jambi terletak di pesisir timur di bagian tengah Sumatra yang berbatasan dengan Palembang di bagian selatan dan Sumatra Barat ( Padang ) dan Bengkulu di sisi baratnya.

Gentala Arasy Blog 10

Banyak pesona alam yang di tawarkan dari provinsi Jambi ini, namun disayangkan terletak bukan pada kotanya. Katakan saja Gunung Kerinci dengan keindahan kebun tehnya yang terletak di kabupaten Kerinci yang membutuhkan wakt tempuh sekitar 12jam perjalanan darat. Candi Muaro Jambi yang terletak di Kab. Muaro, ada juga yang sempat nge-hits yaitu suku anak dalam yang juga terletak di beberapa kabupaten Jambi. Gentala arasy blog 09

Kini Jambi memiliki icon baru yang menjadi tempat favorit juga ngehits, Jembatan Gentala Arasy namanya. Icon baru di kota Jambi di resemikan pada tahun 2015 oleh Bapak Jusuf Kalla yang pada saat itu menjabat sebagai Wakil Presiden RI. 

Gentala Arasy Blog 04

Keunikan Jembatan Gentala Arasy 

  • Salah satu jembatan pedestrian terpanjang
    Jembatan Gentala Arasy memiliki panjang mencapai 530m dengan lebar 4,5m dengan dua pancang tiang sepanjang 60m. Dengan membentuk liukan seperti huruf S menghubunkan satu wilayah dengan wilayah Jambi lainnya yang menyebrangi sungai Batanghari.
  • Museum Sejarah Islam
    Menara dengan gaya arsitektur Islamic di Gentala Arasy merupakan museum yang berisi sejarah serta penyebaran budaya masuknya Islam di provinsi Jambi.
  • Penunjuk Waktu Shalat
    Unsur filosofis yang tedapat pada Gentala Arasy dapat di artikan dalam 3 suku kata Genta yang memiliki arti suara, Tala yang memiliki arti keselarasan dan Arasy memiliki arti memancar ke langit.  Di atas bangunan menara setiggi 60m, terdapat jam besar yang mengadopsi seperti menara di Makkah yang konon katanya sih dapat berbunyi pada waktu masuk shalat 5 waktu. Saya sendiri belum mendengarnya secara langsung
  • Wisata Air
    Para pengunjung dapat mengelilingi sungai batang hari dengan perahu yang dapat di sewakan mulai harga Rp 20.000 
  • Wisata Kuliner
    Dikawasan ujung jembatan Gentala Arasy ini terdapat banyak jajanan-jajanan kuliner khas nusantara, ada pempek, sate padang, gulai kakap, tekwan dan lain sebagainya. 
  • Menikmati Landscape Gemerlap Lampu Malam
    Bagi pencinta nightshot/sunset/sunrise juga blue hours, Gentala Arasy ini sangat perfect bagi penggiat foto arsutektur atau landscape. Keindahan jembatan tampak terlihat begitu megah di kala malam dengan warna-warni indahnya dari ujung ke ujung. Namun pada saat mengambil sunrise, tidak ada lampu yang menyala dan matahari berada disisi kanan jembatan. Waktu yang tepat adalah kala menjelang magrib, karena pada saat itu lampu di nyalakan.

Gentala Arasy Blog 05

Bila ingin berkunjung pada pagi atau siang hari, saya merekomendasikan untuk membawa payung dan sunblock deh, panasnya aduhaai, bikin sakit kepala, karena di sepanjang jalan, semua zona terbuka, tidak ada atap untuk berlindung dari panas maupun hujan. ,pastikan bawa minuman yang digin agar selalu segar. Bila ingin memotret di siang hari, sinat ,atahari sangat keras sehingga foto terlihat begitu kontas dan menciptakan shadow di beberapa spot. 

Gentala arasy blog 08

Sekarang sudah tidak mati gaya lagikan kalo sedang berkunjung ke Jambi? Sempatkan ke Jembatan Gentala Arasy ini, Kalo belum? berarti kamu belum ke Jambi. 

 

 

Note : Semua foto milik fakhrianindita.com. Dilarang menggunakan foto tanpa izin dari pemilik

  • +62-812-1822-516
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Follow Me!